Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelang Ramadan 2024, Sembako Diperkirakan Akan Terus Mengalami Kenaikan Harga.


S A M P A N G - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) memperkirakan, harga bahan pokok akan mengalami kenaikan tinggi menjelang Puasa Ramadhan pada Maret 2024.

"Kenaikan sudah mulai dari bulan Januari. Hal itu sudah menjadi siklus sepuluh tahun terakhir, dimana kenaikan harga bahan pokok akan selalu terjadi menjelang Ramadhan. Namun, tahun ini kenaikannya kemungkinan lebih tinggi," kata Ketua Umum IKAPPI, Abdullah Masyuri (03/24).

Abdullah mengatakan, kenaikan harga kebutuhan pokok sudah jelas terasa pada kenaikan beras, berbagai jenis cabai, bawang merah, dan bawang putih.


"Hal ini disebabkan karena tidak berimbangnya antara permintaan dan pasokan barang," Lanjutnya.


"Apalagi ini berbarengan dengan tahun politik. Dimana konsentrasi pemangku kepentingan, dalam hal ini pemerintah pusat dan daerah fokusnya untuk mengendalikan kenaikan harga terpecah" Pungkasnya.


Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sejumlah komoditas pangan mengalami gejolak harga dan menyumbang kenaikan Indeks Perkembangan Harga (IPH).


Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, BPS, Pudji Ismartini menyebut daging ayam ras, bawang merah, beras dan bawang putih menjadi komoditas utama penyumbang kenaikan IPH. Adapun, cabai merah, cabai rawit dan telur ayam, disebut BPS sudah mengalami penurunan harga di sebagian besar wilayah.


Dia menjelaskan, sejak minggu ke-4 Januari 2024, rata-rata harga bawang putih mencapai Rp39.724 per kilogram atau terjadi kenaikan sebesar 5,85% jika dibandingkan dengan harga di Desember 2023 sebesar Rp37.588 per kilogram. 



Reporter : Husnul

Red/Edr : (H)

Rasernews
Rasernews Dzikir, Fikir, Amal Sholeh

Posting Komentar untuk "Jelang Ramadan 2024, Sembako Diperkirakan Akan Terus Mengalami Kenaikan Harga."